Harita Group Ekspansi ke Bisnis Properti

Harita Group Ekspansi ke Bisnis Properti

JAKARTA. Harita Group semakin ekspansif. Perusahaan konglomerasi yang dikendalikan keluarga Lim Hariyanto Wijaya Sarwono ini berencana masuk Kawasan Sentul City untuk mengembangkan bisnis properti. Melalui PT Cipta Harmoni Lestari, perusahaan ini siap membangun kawasan hunian dengan menggandeng pengembang asal Singapura, Perennial Real Estate Holdings (Perennial). Ini adalah perusahaan properti yang sudah mencatatkan sahamnya di Bursa Saham Singapura. Mereka akan mengembangkan Kawasan Hunian Sanctuary City lewat perusahaan joint venture PT Bhakti Bangun Harmoni di lahan seluas 24,6 hektare (ha). Perennial menguasai 60% saham di perusahaan patungan tersebut. Adapun sisanya 40% saham dimiliki Cipta Harmoni Lestari. Saat ini, Cipta Harmoni Lestari juga tengah mengembangkan kawasan perumahan di Tangerang Selatan bertajuk Serpong Banara lewat PT Serpong Bangun Cipta (SBC), entitas bisnis Harita Group.

 

Marketing Director PT Serpong Bangun Cipta, Andreas Audyanto mengatakan, pengembangan proyek Sentul dimulai pada tahun ini. “Pasti tahun ini (mulai pengembangan). Sekarang kami lagi mematangkan (konsepnya),” ungkap dia kepada KONTAN, Senin (16/7). Audy, sapaan akrab Andreas Audyanto, belum bersedia menceritakan detail rencana pengembangan proyek itu. Namun, mereka melihat prospek Kawasan Sentul City sangat menarik, meski pengembangan infrastruktur light rail transit (LRT) saat ini belum sampai ke sana. Cipta Harmoni Lestari tertarik berekspansi di Sentul City karena kawasan ini dinilai cukup berkembang. “Sentul City sudah berbeda sekarang, Aeon Mall akan beroperasi sebentar lagi yang pastinya akan menjadi magnet cukup besar bagi wilayah Bogor. Sampoerna Academy yang akan beroperasi tahun ini makin melengkapi fasilitas pendidikan di sana,” terang Audy. Lokasi yang akan dikembangkan kongsi Harita Group dan Perennial tersebut berada persis di jantung Sentul City. Alhasil, Audy mengklaim, proyek yang mereka kembangkan akan menjadi area prestisius.

Mengutip Singapore Business Review, Senin (16/7), Perennial dan Cipta Harmoni Lestari akan mengembangkan Sanctuary City menjadi kawasan hunian yang meliputi kondominium dengan total luas bangunan 147.000 meter persegi (m²) dan perumahan sebanyak 1.700 unit. Proyek itu akan menelan investasi S$ 153,4 juta atau Rp 1,6 triliun. Perennial melalui anak usahanya, Perennial SL telah membeli saham Sanctuary City senilai S$ 21 juta atau Rp 220,9 miliar dari Bhakti Bangun Harmoni sebagai pemilik lahan. Perennial melebarkan sayap bisnisnya ke Indonesia karena dinilai memiliki potensi pertumbuhan pasar yang tinggi. Kehadiran Perennial di Indonesia sejalan dengan strategi untuk berinvestasi di pasar negara berkembang dengan pertumbuhan tinggi.