Biography dan beberapa hal yang tidak anda ketahui tentang Bill Gates

biography bill gates

William Henry Gates lahir pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Sebagai pendiri utama Microsoft, Bill Gates adalah salah satu orang paling berpengaruh dan paling kaya di planet ini.

Perkiraan terbaru dari kekayaannya menempatkannya pada US $ 84,2 miliar (Januari 2017); ini setara dengan GDP gabungan dari beberapa ekonomi Afrika. Dalam beberapa tahun terakhir dia telah pensiun dari bekerja penuh waktu di Microsoft, dan malah berkonsentrasi untuk bekerja dengan yayasan amal “The Bill and Melinda Gates Foundation.”

Kehidupan awal Bill Gates

Ayahnya William Gates Sr adalah seorang pengacara senior, dan ibunya, Mary, melayani sebagai eksekutif untuk bank besar. Keluarga itu kaya tetapi, mengingat tantangan Depresi Besar, mereka mendorong anak-anak mereka untuk bekerja keras dan tidak menerima apa pun begitu saja.

Umur 13, Gates menghadiri sekolah Lakeside swasta. Di sinilah Gates memiliki pengenalan pertama untuk komputer. Dia belajar sendiri untuk membuat program di Basic, membuat permainan ‘Tic-Tac-Toe’ sederhana. Gates menikmati proses bekerja dengan komputer dan mengatur dengan perusahaan Computer Center Corporation (CCC) untuk menghabiskan waktu di komputer mereka – belajar kode sumber, seperti Fortran, Kode Mesin, dan Lisp.

Pada tahun 1973, Gates terdaftar di Harvard, di mana dia belajar matematika dan ilmu komputer. Namun, Gates lebih tertarik pada pengkodeannya sendiri, dan ketika dia melihat peluang untuk mendirikan perusahaannya sendiri, dia keluar dari Harvard tanpa menyelesaikan studinya.

Yayasan Bill Gates dari Microsoft

Bill Gates mendirikan Microsoft pada tahun 1976 ketika ia membentuk kontrak dengan MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems) untuk mengembangkan sistem operasi dasar untuk mikrokomputer baru mereka. Pada hari-hari awal, Bill Gates akan meninjau setiap baris kode. Dia juga terlibat dalam beberapa aspek bisnis Microsoft seperti pengepakan dan pengiriman pesanan.

Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981

Istirahat besar untuk Microsoft datang pada tahun 1980 ketika IBM mendekati mereka untuk sistem operasi BASIC baru untuk komputer barunya. Pada awal 1980-an, IBM adalah produsen PC terkemuka. Namun, semakin banyak klon PC IBM dikembangkan; (PC yang diproduksi oleh perusahaan lain yang kompatibel dengan IBM).

Microsoft bekerja keras untuk menjual sistem operasinya ke perusahaan lain ini. Dengan demikian Microsoft mampu memperoleh posisi dominan pembuatan perangkat lunak seperti pasar komputer pribadi mulai booming. Sejak awal dominasi, perusahaan lain telah berjuang untuk menggantikan Microsoft sebagai penyedia dominan perangkat lunak operasi komputer. Program seperti Microsoft Word dan Excel telah menjadi standar industri.

Bill Gates – Windows

Pada tahun 1990 Microsoft merilis Windows versi pertama. Ini adalah terobosan dalam perangkat lunak operasi karena menggantikan antarmuka teks dengan antarmuka grafis. Segera menjadi penjual terbaik dan mampu menangkap sebagian besar pangsa pasar sistem operasi.

Pada tahun 1995 Windows 95 dirilis, menetapkan standar dan fitur baru untuk sistem operasi. Versi Windows ini telah menjadi tulang punggung dari semua rilis masa depan dari Windows 2000 ke XP dan Vista terbaru.

Sepanjang waktu di kantornya, Bill Gates telah tertarik untuk mendiversifikasi bisnis Microsoft. Sebagai contoh, Microsoft Internet Explorer menjadi browser web yang dominan, meskipun ini terutama karena sudah terpasang di sebagian besar komputer baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Internet Explorer telah melihat slip pangsa pasarnya.

Satu area di mana Microsoft tidak pernah berhasil adalah di bidang mesin pencari. Pencarian langsung MSN telah berjuang untuk mendapatkan lebih dari 5% pangsa pasar. Dalam hal ini, Microsoft telah dikerdilkan oleh Google. Namun demikian, keberhasilan Microsoft dalam menikung berbagai aspek pasar perangkat lunak telah menyebabkan beberapa kasus anti-trust. Pada tahun 1998 AS vs Microsoft, Microsoft nyaris dipecah menjadi tiga perusahaan yang lebih kecil.

Namun, pada banding, Microsoft mampu bertahan sebagai perusahaan tunggal. Meskipun Microsoft adalah perusahaan komputer yang dominan pada 1980-an, dan 1990-an, mereka sekarang dilihat sebagai perusahaan yang menua dan menurun – dibandingkan dengan Google dan Apple yang lebih dinamis.

Kegiatan Filantropi – Bill Gates

Bill Gates menikah dengan Melinda French (menikah tahun 1992). Mereka memiliki tiga anak Jennifer (1996), Rory (1999) dan Phoebe (2002). Bersama istrinya, Bill Gates membentuk Bill & Melinda Gates Foundation. Bill Gates mengatakan banyak inspirasi berasal dari teladan David Rockefeller.

Seperti Rockefeller, Gates telah berusaha untuk fokus pada isu-isu global yang diabaikan oleh pemerintah; dia juga menyatakan minatnya dalam meningkatkan standar pendidikan sekolah umum di AS. Dia telah muncul bersama Oprah Winfrey untuk mempromosikan tujuan ini. Dalam hal amal, kegiatan filantropis Gates juga menerima dorongan dari investor Warren Buffet, yang telah memberikan $ 17 miliar, melalui Gates Foundation.

Dari tahun 2008 Gates telah bekerja penuh waktu untuk kepentingan filantropisnya. Diperkirakan Gates dan istrinya Melinda telah memberikan $ 28 miliar melalui yayasan amal mereka – termasuk $ 8 miliar untuk meningkatkan kesehatan global.

Gates mengatakan bahwa dia tidak menggunakan uang, dan hanya menyisakan sebagian kecil dari kekayaannya kepada anak-anaknya. Dalam wawancara dengan Daily Telegraph, Gates menyatakan:

“Saya benar-benar dirawat dengan baik dalam hal makanan dan pakaian,” katanya, secara berlebihan. “Uang tidak memiliki utilitas untuk saya melampaui titik tertentu. Utilitasnya sepenuhnya dalam membangun organisasi dan mendapatkan sumber daya untuk yang termiskin di dunia. ”( 1 )

Bidang minat utamanya dalam filantropi telah meningkatkan kesehatan, dan khususnya membantu mengurangi penyakit, seperti polio yang mempengaruhi anak-anak muda. Dia juga memberi lebih banyak fokus pada masalah lingkungan. Pada 2015, ia memberikan $ 1 miliar untuk proyek energi bersih, karena ia melihat mendukung teknologi ‘ramah lingkungan’ baru sebagai cara untuk membantu menangani pemanasan global