Cara Menyusun Ruangan yang Kecil

Kamu memiliki ruang kecil di rumah yang tidak terpakai, tapi tidak tahu cara untuk memanfaatkannya. Lama-lama hal itu dapat membuat kamu frustrasi.

Cara Menyusun Ruangan yang Kecil

Mungkin kamu merasa apa pun yang dijalankan, ruang itu tampak masih kurang tepat. Bisa jadi juga tidak ada barang yang layak walau kamu merasa mesti itu layak.

Dengan berpikir kreatif, kamu dapat menghilangkan kekecewaan dengan menghasilkan ruang kecil yang akan kamu sukai.

Berikut ini cara menyusun ruangan yang kecil kamu berfungsi dengan bagus dan tetap tampak menarik.

1. Letakkan furnitur
Kamu dapat meletakkan perabotan yang diciptakan khusus untuk ruangan kecil. Perabotan itu biasanya memiliki fungsi lipat atau multiguna, antara lain meja lipat, tempat tidur tingkat, atau meja untuk minum kopi dengan ruang penyimpanan di dalamnya.

Mungkin kamu berpikir tempat tidur tingkat cuma dijumpai di asrama sekolah atau kampus. Bisa ada cara lain untuk memanfaatkannya.

Mengangkat kasur dari lantai dapat menghasilkan zona di lantai yang tidak terpakai lalu diisi dengan meja sudut untuk membaca dan menulis, atau sofa.

2. Manfaatkan zona kosong di lantai rumah
Ada zona tertentu di lantai rumah yang kamu anggap tidak berkhasiat, umpamanya lantai di komponen bawah dinding, lantai di antara balok penopang rumah, dan sudut di belakang kursi.

Hakekatnya zona tersebut memiliki banyak potensi. Sebagai teladan, sebuah meja kecil dapat diletakkan di antara balok penopang, barang pajangan, ruang penyimpanan, atau meja kerja.

Satu sofa kecil juga dapat ditaruh di zona terbatas itu, sedangkan sudut di belakang kursi itu dapat jadi tempat untuk lampu kecil penghias ruangan.

Kecuali itu, zona lantai yang di bawah tangga juga dapat dimanfaatkan sekreatif mungkin. Tapi paling sering ialah tempat penyimpanan barang.

Ternyata, dapat dimanfaatkan juga untuk hal lain, umpamanya meletakkan kursi, lampu baca, rak buku yang disesuaikan wujudnya, meja lipat, dan elektronik semacam layar kaca.

3. Periksa kembali semua barang di rumah
Contohnya semua isi rumah kamu dan prioritaskan barang yang tidak diperlukan. Seperti, lampu hias yang besar sedangkan cahayanya cuma temaram, tentu tidak mendukung pekerjaan kamu.

Dengan zona kecil di rumah, daripada meletakkan beragam barang yang kecil-kecil tapi pun berantakan, lebih bagus satu barang besar tapi berkhasiat.

Pilihan juga untuk furnitur. Mengganti beberapa kursi kecil dengan sesuatu yang dapat dilipat dan disimpan saat tidak kamu butuhkan akan lebih berkhasiat.

Sekarang lain, sekaligus saja kamu membeli kursi yang besar daripada memiliki beberapa kursi kecil tapi ruangan pun tampak lebih berantakan.

4. Pasang rak susun di tembok
Salah satu cara untuk memanfaatkan ruang kecil ialah dengan memasang rak susun yang melekat di tembok.

Dengan demikian itu, rak buku kamu tidak perlu memakai lantai sebagai dasarnya. Bisa juga kamu memajang barang-barang berharga atau barang antik tanpa mesti memakan ruang.

Jadi, ruang kosong di lantai dapat dipakai untuk menempatkan kotak dokumen.

Kelebihan lain dari rak susun di tembok ialah layak untuk di mana saja. Bisa ditempatkan di sudut ruangan, di bawah tangga, di atas sofa, atau pun di atas pintu.

Saatnya kamu memanfaatkan salah satu dari kiat ini atau menggabungkannya untuk memanfaatkan ruang kecil di rumah.