Skill yang Harus Dimiliki Seorang Bek

bek pemain bola

Menjadi pemain belakang dalam permainan sepakbola tidak berarti perannya kecil. Justru tanpa kerja beberapa bek, gawang akan mudah kebobolan. Jadwal siaran bola selain memberikan update juga memprediksi susunan pemain yang diturunkan. Contoh bek yang cukup populer saat ini adalah Gerard Piqué yang sekarang merumput di FC Barcelona. Selain memiliki tinggi proporsional, bek juga harus memiliki keterampilan yang mumpuni, antara lain:

1. Covering
Secara umum pemain ini memang diposisikan di belakang dengan peran sebagai penjaga lini pertahanan. Inilah salah satu skill yang harus dimiliki, yaitu menghalau lawan agar tidak masuk ke area pertahanan. Caranya dengan berusaha mengambil bola dengan menggunakan teknik tackling. Atau bisa dengan membayangi terus menerus supaya konsentrasi lawan terpecah. Usahakan membuatnya berhenti agar bola tidak langsung ditembakkan ke arah gawang.

2. Jumping dan heading
Sebagian besar pemain sepakbola yang diposisikan di area pertahanan memiliki tubuh yang tinggi dan besar. Hal ini untuk mendukung kinerjanya menghalau bola yang ditembakkan ke gawang. Saat melakukan tendangan pojok atau bebas, bek juga memiliki peran utama dengan menggunaan teknik headingnya agar mencetak gol. Namun posisinya harus diperhatikan jangan terlalu lama didepan jika tendangan tersebut gagal. Pemain belakang tidak boleh sering meninggalkan sarangnya untuk mengantisipasi serangan balasan dari lawan.

3. Marking
Kemampuan ini wajib dimiliki oleh seorang bek. Segala cara dilakukan agar pertahanan tidak dibobol oleh lawan. Selalu perhatikan arah aliran bola dan sebisa mungkin mengepung striker yang akan melesatkan gol ke gawang. Sebagian besar pemain belakang berupaya untuk memojokkan penyerang agar bola dioper ke pemain lainnya. Dengan begitu pergerakan lawan bisa diantisipasi. Jumlah bek yang biasa dimainkan berkisar 3-4 dan jangan sampai terjadi kekosongan. Harus ada minimal satu pemain yang membantu kiper menjaga gawang.

4. Tackle
Tidak hanya pemain tengah saja yang memiliki kemampuan ini, bek harus bisa melakukan tackle dengan bersih. Karena jika tidak memiliki kemampuan ini dapat berakibat fatal bila terjadi pelanggaran di depan gawang. Penalti akan diberikan kepada lawan jika bek tidak bisa menyapu bola dengan sempurna. Kondisi ini memang sangat rawan karena itulah bek harus memiliki skill mengambil bola dengan baik dan rapi. Lawan main pun akan melakukan tipu daya agar tackle yang dilakukan dianggap sebagai pelanggaran. Hal ini bergantung kebijakan wasit untuk memutuskan eksekusi yang tepat.

Jadwal siaran bola bisa dilihat di situs resmi klub atau liga yang dipertandingkan. Selain untuk mengetahui siapa penyerang yang diturunkan, bek juga harus diwaspadai. Banyak pemain belakang yang memiliki skill bagus dan tak jarang dapat menyumbangkan gol. Meskipun tugas yang diemban tampaknya mudah, namun tanpa kecepatan dan kemampuan yang mumpuni, bisa membuat gawang kebobolan banyak gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*