Kenapa Real Estat adalah Investasi yang Layak Dimiliki

Real Estate adalah investasi besar karena berbagai alasan. Anda bisa menikmati tingkat keuntungan balik dari modal dengan luar biasa, keuntungan pajak yang dapat menghemat uang, dan serta bisa memanfaatkan real estat untuk menambah pundi-pundi uang Anda.

Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa real estat adalah investasi yang layak dimiliki. Anda yang masih ragu apakah benar-benar ingin mencoba melangkah ke bisnis ini, bisa membaca artikel ini untuk semakin membulatkan tekad. Apa saja?

Leverage / Daya ungkit

Saat ini, apresiasi (kenaikan nilai) real estat dan pendapatan sewa memang masih kalah daripada apresiasi bisnis saham yang ditambah pendapatan dividen. Bia dibilang saham lebih cepat naik dibanding menanam uang di properti.

Tetapi, yang memberi real estat keuntungan lebih daripada bisnis saham adalah kita bisa meminjam uang untuk membeli properti dan suku bunganya relatif rendah.

Sebagai contoh, jika Anda menanam 20% pada properti sebesar Rp 1 milyar dan apresiasinya 3%, sebenarnya Anda mendapatkan return 15% (Rp 30 juta apresiasi per tahun dibagi dengan Rp 200 juta yang Anda investasikan).

Tentu saja, Anda dapat membeli saham dengan margin tetapi tingkat margin biasanya lebih tinggi dan tidak dapat dikurangi dari pajak. Anda juga bisa dipaksa menjual saham yang Anda punya, saat perusahaan tersebut nilainya jatuh.

 Bisnis Properti dan Apartemen

Value yang bisa dikontrol

Anda bisa menambahkan value tambahan pada real estate yang Anda punya, dengan membeli properti yang Anda yakini akan memiliki apresiasi lebih cepat daripada pasar secara keseluruhan.

Ini karena pasar real estat jauh tidak seefisien pasar saham, sehingga ada lebih banyak peluang untuk meraih keuntungan menggunakan skill dan pengalaman). Setelah menemukan properti potensial ini Anda bisa mengontrol properti Anda. Menambah fasilitas, mempercantik, dan lain-lain. Anda bisa semakin menambah value terhadap sesuatu yang Anda investasikan.

Ini berbeda dengan investasi saham, yang bila sahamnya tidak cukup besar Anda tidak bisa masuk ke jajaran direksi, dan tentu Anda tidak bisa berbuat banyak terhadap kontrol perusahaan.

 

Real estate memberikan hasil yang lebih baik dan lebih stabil.

Selama ini, di dalam real estat, risiko kerugian Anda bisa diminimalkan oleh lamanya waktu Anda memegang properti Anda. Semakin pasar meningkat, semakin meningkat juga nilai rumah Anda, dan sebagai hasilnya, Anda membangun ekuitas.

Bandingkan dengan pasar saham, yang risikonya tidak pernah berubah dan ada banyak faktor di luar kendali Anda yang dapat berdampak negatif terhadap investasi Anda. Real estat memberi Anda kontrol lebih besar atas investasi Anda, karena properti Anda adalah aset nyata yang dapat Anda manfaatkan untuk meraih banyak aliran pemasukan, sambil menikmati apresiasi dari modal yang Anda tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*