Ikuti 9 Cara Menyusui Anak dengan Baik dan Benar

Ikuti 9 Cara Menyusui Anak dengan Baik dan Benar

Setelah melahirkan, Moms akan menyusui Si Kecil. Nikmati fase ini agar Anda dan Si Kecil dapat melaluinya dengan rasa bahagia.

Fase menyusui adalah fase berharga yang akan jadi kenangan manis bagi Moms dan Si Kecil. Jika Moms bisa menyusui dengan perasaan bahagia, maka hormon oksitosin akan merangsang kelancaran produksi ASI. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menciptakan rasa bahagia:

1. Anda bisa menyusui sambil berbaring atau duduk- Pastikan posisi Moms nyaman. . Sangga punggung dan pergelangan tangan dengan bantal.

2. Posisikan agar tubuh Si Kecil menempel pada tubuh MomsĀ  . Biarkan tangan dan kaki Si Kecil bebas bergerak. Selain membangun ikatan, Moms akan merasa bahagia.

3. Sentuhkan kulit Anda dengan kulit Si Kecil. Buka pakaian Moms atau kenakan pakaian dengan area payudara lebih terbuka. Buka baju Si Kecil agar kulitnya bisa menyentuh kulit Moms. Si Kecil jadi lebih tenang dan nyaman. Tindakan ini juga akan membuat puting tetap kering karena ada aliran udara. Area puting juga akan terhindar dari infeksi bakteri dan Si Kecil terhindar dari sariawan.

4. Menyusui Si Kecil sambil ber nyanyi atau berbicara. Cukup – mendengar suara Anda, Si Kecil akan merasa tenang. Anda pun lebih rileks. Hal ini juga memengaruhi keterampilan berbahasa Si Kecil kelak.

5. Arahkan mulut bayi menyentuh puting susu. Secara naluriah, ia akan membuka mulut dan memasukkan puting Anda ke dalamnya (refleks rooting). Nikmati saat-saat Si Kecil melakukannya.

6. Tatap wajah Si Kecil. akan lebih tenang, Si Kecil pun Moms merasakan cinta Anda. Ia juga akan merasa terlindungi dan siap beradaptasi dengan dunia yang baru.

7. Berikan kehangatan pada Si Kecil. Dekap Si Kecil saat menyusui hingga ia bisa merasakan kehangatan seperti sebelum ia dilahirkan.

8. Menyusui Si Kecil saat ia lapar. Susui Si Kecil setiap kali ia lapar. Tanda-tandanya, menggigit tangan, posisi mulut seperti menyusui, atau menggelengkan kepalanya.

9 Jangan jadikan beban Yakinkan diri Anda bahwa menyu- . sui Si Kecil bukan beban. Percayalah, Anda dapat melalui masa menyusui dalam kondisi apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*