Mengganti Arang Dinamo Mesin Jahit

Cara Mengganti Arang Dinamo Mesin Jahit Dengan Bemar

Dinamo mesin jahit adalah perlengkapan tambahan pada mesin jahit yang digunakan untuk mengganti kerja kaki. Jika mesin jahit tidak dilengkapi dengan dinamo, maka penjahit harus menggenjot mesin jahit itu untuk bisa mengoperasikannya. Kalau penjahit sedang banyak orderan dan perlu menggunakan mesin jahit untuk waktu yang lama, sebaiknya melengkapi mesin jahitnya dengan dinamo.

Mengganti Arang Dinamo Mesin Jahit

Kendala Dinamo Mesin Jahit

Di Toko MesinĀ  jahit diBekasi, dinamo tersedia dengan berbagai merk dan harga. Dinamo ini juga bisa langsung dipakai begitu dipasang pada mesin jahit. Kebanyakan dinamo mesin jahit akan mengalami penurunan kecepatan setelah lebih dari dua tahun dipakai secara terus menerus dan akhirnya akan berhenti berjalan.

Masalah dinamo yang berhenti berjalan ini tentunya dapat menyebabkan kebingungan bagi para penjahit pemula. Banyak penjahit pemula yang beranggapan kalau dinamonya rusak, padahal tidak. Sebenarnya hanya ada komponen dalam dinamo itu yang perlu diganti yaitu arang dinamo.

Arang dinamo yang habis biasanya menimbulkan suara yang aneh saat mesin jahit dijalankan. Dengan arang dinamo yang habis, mesin jahit akan menjadi pelan sekali. Jika dinamo diamati dari jarak dekat maka akan timbul percikan-percikan api mirip kembang api, Jika percikan api ini telah muncul, biasanya dinamo akan berhenti bekerja karena arangnya habis.

Cara Mengganti Arang Dinamo

Ada dua buah arang atau carbon brush yang berada pada dinamo mesin jahit. Arang ini terletak di bawah dan diatas. Jika ingin mengganti arang dinamo, sebaiknya beli dua buah arang. Arang ini dapt dibeli di toko perlengkapan menjahit.

  1. Lepas dinamo mesin jahit dari mesin jahit
  2. Buka penutup tempat arang dinamo dengan menggunakan obeng (bisa menggunakan obeng plus ataupun obeng minus)
  3. Setelah tutup tempat arang berhasil dibuka, ambil arang lama dari dalam dinamo.
  4. Ambil arang baru. Arang baru biasanya dibungkus dengan plastik pada saat dibeli
  5. Masukkan arang baru pada lubang arang
  6. Pasang kembali tutup arang menggunakan obeng
  7. Lakukan langkah kerja yang sama untuk mengganti arang dinamo satunya

Tips Menggunakan Arang Dinamo

Jika saat arang dinamo habis dan penjahit belum sempat beli arang baru di toko alat jahit, arang tersebut bisa digantikan sementara dengan menggunakan arang yang ada didalam batu baterai bekas. Kupas batu baterai bekas tersebut dan ambil arangnya. Jika ukuran arang baterai tidak sesuai dengan ukuran lubang arang dinamo mesin jahit, kikislah arang baterai itu sampai pas ukurannya.

Tentu saja jika penjahit menggunakan arang batu baterai, maka ketahanan arang ini tidak akan lama. Paling lama hanya bisa sampai sekitar enam bulan saja. Arang batu baterai ini berbeda dari arang dinamo karena arang batu baterai lebih lunak. Sebaiknya jika ada waktu, segera ganti arang batu baterai ini dengan arang dinamo khusus yang tahan lebih lama,untuk mengetahui lebih lanjt silakan klik website http://www.suppliermesinjahit.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*